Tax Center STIE Putra Bangsa (19/11) baru-baru ini menyelenggarakan webinar dengan Tema “Pelaporan SPT Tahunan Tahun 2020 Bagi Wajib Pajak Orang Pribadi dan Wajib Pajak Badan”. Kegiatan ini merupakan kerjasama dari 4 institusi, yaitu STIE Putra Bangsa, KPP Pratama Kebumen, Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jawa Tengah II dan IAI Wilayah Jateng.

Webinar ini merupakan webinar seri 12 yang diadakan oleh STIE Putra Bangsa dengan sasaran peserta adalah mahasiswa dan umum. Tercatat ada sebanyak 220 peserta yang bergabung dalam webinar ini yang diselenggarakan dengan menggunakan media zoom dan live youtube. Ini menandakan antusiasme yang tinggi dari peserta mengingat dari panitia hanya menargetkan 100 peserta. Selain ilmu yang bermanfaat, peserta juga mendapatkan sertifikat pada kesempatan ini.

Narasumber pada acara ini adalah Ibu Prihartini Budi Astuti, M.Si. Beliau adalah Ketua Tax Center STIE Putra Bangsa yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua 2 Bidang Keuangan dan Sumber Daya Manusia. Narasumber kedua yaitu Asry Rante, SE. Beliau menjabat sebagai Account Representative di KPP Pratama Kebumen.

Dalam paparannya, Prihartini menyampaiakan bahwa sebagai warga negara yang baik, baik itu warga negara yang menjalankan sebuah usaha maupun yang memiliki penghasilan atas pendapatan tidak kena pajak (PTKP) harus bertanggung jawab dan wajib untuk membayar pajak sesuai ketentuan yang berlaku. Setiap 1 (satu) tahun sekali, seluruh warga negara seperti yang sudah disebutkan di atas wajib melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan Orang Pribadi. Selain wajib pajak orang pribadi, ada juga pelaporan SPT Tahunan Badan bagi wajib pajak badan. Pelaporan SPT Tahunan ini kadang banyak dilupakan bagi yang sudah memiliki penghasilan, padahal nyatanya pelaporan pajak ini prosesnya sangat mudah dan cepat. Pelaporan ini juga semakin dipermudah karena dapat dilakukan secara online melalui e-Filing (electronic filing).

Ketua Panitia Mispiyanti, menyampaikan bahwa webinar ini dilakukan agar  wajib pajak mempersiapkan ilmu dan perpajakannya guna pelaporan SPT Tahunan tahun 2020. Serta mempunyai tujuan yaitu untuk memberikan pengetahuan pentingnya pajak serta memberikan informasi tata cara pelaporan SPT tahunan bagi wajib pajak orang pribadi dan wajib pajak badan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*