Webinar Seri 5 STIE Putra Bangsa dilaksanakan pada Senin, 6 Juli 2020 yang merupakan webinar lanjutan dari sesi sebelumnya yakni seri 1 yang mengangkat tema tentang Leadership di Era New normal, seri 2 yang bertemakan Komunikasi Efektif dan Mengembangkan Keterampilan Diri, seri 3 bertemakan Peluang Bisnis di Era New Normal, seri 4 bertemakan Pemberdayaan Masyarakat Kawasan Wisata di Era New Normal dan Webinar seri 5 kali ini mengangkat tema Memahami Political Skill Kunci Sukses Berorganisasi. Webinar seri 5 ini dilaksanakan mulai pukul 09.00 WIB s.d selesai melalui aplikasi Zoom serta disiarkan langsung melalui Youtube STIE Putra Bangsa. 

Webinar Seri 5 kali ini dipandu oleh moderator Marynta Putri Pratama, S.E., M.Si. beliau selaku Sekretaris Program Studi Manajemen STIE Putra Bangsa dan diisi materi menarik dari 2 narasumber yang berbeda. Narasumber yang pertama adalah Bapak Dr. Kabul Wahyu Utomo, SE, M.Si, beliau selaku Wakil Rektor 1 dan Dosen Universitas Trilogi Jakarta dan Bapak Hendrawan Prasetyo, S.Sos., M.Si. beliau selaku Kepala Pusat Jaminan Mutu (PJM) STIE Putra Bangsa

Diawal acara Webinar Seri 5 ini beliau Ketua STIE Putra Bangsa Dr. Gunarso Wiwoho, S.E., M.M. memberikan sambutannya. Dalam sambutannya beliau menyampaikan “Apresiasi untuk panitia webinar, karena selalu konsisten untuk mengadakan webinar hingga saat ini sudah seri ke 5 untuk sharing knowledge kepada khalayak. Era yang baru ini banyak sekali kebutuhan skills yang harus disadari (complex problem solving, social skill, process skill, system skill dan connective ability skill). Ketika kita terjun ke dalam organisasi maka yang harus dipelajari adalah political skill (keterampilan keorganisasian).

Materi menarik disampaikan oleh kedua narasumber pada webinar seri 5 ini. Bapak Dr. Kabul Wahyu Utomo, S.E, M.Si, berkesempatan menyampaikan materi tentang Memahami Political Skill Kunci Sukses Berorganisasi.

Dalam  webinar, Bapak Dr. Kabul Wahyu Utomo, S.E, M.Si, menyampaikan “Dalam organisasi terdiri dari orang, interaksi apabila organisasi diibaratkan politik maka orang yang ada di dalam organisasi tersebut harus memiliki keterampilan politik yang baik, karena banyak orang yang mengidentifikasikan bahwa politik dianggap kejam atau tidak baik. Keterampilan politik disini adalah memahami individu untuk memahami orang lain dan mencari jejaring. Political skill penting karena suatu organisasi berisi banyak individu di dalamnya, ketika berinteraksi di dalam organisasi sebaiknya kita memahami individu di dalamnya. Apabila sesorang ingin bertahan, sukses dalam organisasi maka pahami dan kuasai political skill.

Dalam webinar seri 5 ini, narasumber yang kedua yaitu Bapak Hendrawan Prasetyo, S.Sos., M.Si menyampaikan materi yang sama dengan narasumber yang pertama yaitu mengenai Memahami Political Skill Kunci Sukses Berorganisasi. Beliau menyampaikan dalam kecerdasan social terdapat 5 komponen menurut Albrecht (2006) yaitu situational awareness (kemampuan untuk memahami orang lain dan menunjukkan kesukaan terhadap orang lain), presence (cara seseorang mempengaruhi individu atau kelompok tentang penampilan fisik, gesture, authenticity (menggambarkan seseorang itu dapat jujur), clarity (mengekspresikan pikiran, opini, ide dan keinginan secara jelas, memahami kekuatan Bahasa sebagai medium dari pemikiran dan ekspresi, menggunakan Bahasa sebagai asset strategis)dan emphaty (peka dan sadar terhadap perasaan yang dirasakan oleh orang lain).

Sama seperti webinar sebelumnya, webinar seri 5 ini juga memberikan doorpize menarik bagi peserta yang berpartisipasi lebih, seperti mengirimkan pertanyaan kepada kedua narasumber. Doorprize ini nantinya akan dikirimkan langsung kepada para peserta yang beruntung.