Administrator 27 Februari 2019 13:33:18 WIB

Dalam upaya mengembangkan sikap kreatif dan inovatif di tengah masyarakat kebumen, upaya untuk mengakomodir semangat berkreasi dan berinovasi dari kegiatan penelitian, pengembangan dan penerapan teknologi, dan upaya untuk mendorong untuk dapat menciptakan kreativitas yang baru orisinil dan unik, merekayasa alat/produk yang layak, yang secara komersial menguntungkan, maka salah satu upaya itu adalah dengan menyelenggarakan Lomba tahunan Krenova.

Penghargaan Krenova adalah bentuk apresiasi dari Pemerintah Kabupaten Kebumen kepada para inovator yang secara nyata mendukung dalam memajukan produk kreasi dan inovasi untuk masyarakat luas. Fasilitasi penyelenggaraan Lomba Krenova Kabupaten Kebumen tidak hanya berhenti pada pemberian penghargaan saja, akan tetapi peserta Lomba Krenova diikutsertakan dalam Lomba KRENOVA di tingkat Propinsi.

Pemerintah Kabupaten Kebumen juga berkomitmen untuk senantiasa mendampingi para inovator untuk mengikuti Lomba Krenova Tingkat Provinsi Jawa Tengah dan mengikutsertakan dalam agenda tahunan Pameran Produk Inovasi (PPI) Provinsi Jawa Tengah. Inovator berkesempatan mendapatkan fasilitas pendampingan dari provinsi untuk menjadi Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT) atau start up.

Termasuk pendampingan mengakses program Inkubator Bisnis Teknologi (IBT) dan PPBT Kemenristekdikti. Sebagai gambaran, penyelenggaraan Lomba KRENOVA di Kebumen dimulai sejak tahun 2013, dan masih terus berlanjut sampai tahun 2018. Di tahun 2016, pada Lomba KRENOVA di Tingkat Provinsi Jawa Tengah, peserta KRENOVA dari Kabupaten Kebumen berhasil menjadi Juara pada semua kategori, yaitu juara utama, harapan dan favorit, sehingga menjadikan Kabupaten Kebumen sebagai kabupaten dengan juara terbanyak. Sedangkan pada tahun 2017, terdapat satu peserta Lomba KRENOVA dari Kabupaten Kebumen yang masuk sebagai salah satu pemenang kategori utama yaitu Ibu Ery Purwanti M.Sc, dengan judul inovasinya yaitu Mi Bebas Gluten (Gluten Free) dengan Bahan Dasar Tepung Krekel sebagai Alternatif Makanan Sehat.

Bahkan temuan ini masuk dalam 109 Inovasi Indonesia Tahun 2017,sebagai sebuah karya yang sangat membanggakan. Bappeda Kabupaten Kebumen di tahun 2019 ini dengan bangga membuka kembali LOMBA KRENOVA untuk masyarakat Kebumen dengan syarat sebagai berikut (terlampir pada link di bawah ini) File Terkait :

» leaflet KRENOVA
» Panduan KRENOVA

http://v2.stieputrabangsa.ac.id/wp-content/uploads/2019/03/Panduan-Krenova-1.pdf

sumber : https://bappeda.kebumenkab.go.id/web/read/recent/lomba-krenova-kabupaten-kebumen-2019