18-20 Februari 2019 dilaksanakan pelatihan relawan pajak STIE Putra Bangsa Kebumen. Pelatihan ini dilaksanakan dengan tujuan pembekalan relawan pajak STIE putra bangsa sebelum mereka diterjunkan langsung ke lapangan. Pelatihan ini berlangsung 3 hari dan diikuti 4 peserta relawan pajak yang sebelumnya sudah dilakukan rekrutmen dan seleksi. Pelatihan dilaksanakan diruang kelas STIE Putra Bangsa dengan narasumber dari Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jawa Tengah 2.

Tax Center STIE Putra Bangsa bekerjasama dengan kanwil DJP Jateng 2 mengadakan Pelatihan dan Levelling Relawan Pajak bertempat di Ruang Ruby STIE Putra Bangsa Kebumen. Kegiatan yang dilaksanakan selama 3 hari sejak yaitu tanggal 18-20 Februari diikuti oleh 4 peserta. Keempat peserta ini adalah mahasiswa yang sudah lolos seleksi pada tahap sebelumnya dari puluhan peserta yang mendaftar.
Ketua Tax Center STIE Putra Bangsa Ibu Prihartini Budi Astusi, SE.,M.Si. menyampaikan bahwa tahap sebelumnya telah dilakukan seleksi administrasi dan wawancara oleh tim Tax Center STIE Putra Bangsa tepatnya pada hari Sabtu, 26 Januari 2019, dan terpilihlah 4 orang mahasiswa.
Empat relawan terpilih yaitu Eka Fitria Ambarini, Wahyu Refky Prayogi, Dyno Pahlevi dan Novi Asriyatun. Mereka adalah mahasiswa semester akhir program studi D3 Akuntansi di STIE Putra Bangsa. Adapun tugas mereka adalah sebagai petugas pengawas, petugas asistensi, petugas registrasi dan petugas pendukung.
Pelatihan dan Levelling Relawan Pajak mempunyai tujuan agar relawan pajak lebih menguasai materi tentang materi perpajakan seperti pengisian SPT Tahunan, pengisian 1770SS, pengisian 1770S, FAQ, serta mampu mengatasi masalah dilapangan nantinya. Relawan pajak nantinya akan melakukan asistensi pengisian SPT Tahunan 1770S dan 1770SS melalui e-filling. Dengan melibatkan relawan pajak harapannya dapat membantu meningkatkan kepatuhan wajib pajak untuk sadar akan kewajibannya. Adapun kegiatan ini diisi langsung oleh narasumber dari kanwil DJP Jateng 2 yaitu Ibu Yamti Rakhmani, Ibu Sulistiyani Ambarsari dan Bapak Warsito.
“Melalui program ini, kita menggaet mahasiswa tingkat akhir dari prodi akuntansi untuk menjadi relawan pajak. Mereka ini diharapkan mampu membantu para wajib pajak untuk melaporkan SPT Tahunan.” Imbuh Prihartini.