11 April 2019,  dalam rangka meningkatkan mutu perguruan tinggi STIE Putra Bangsa bersama STIE IPWIJA mengadakan studi banding ke Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dan Universitas AMIKOM Yogyakarta. Kegiatan ini dalam rangka silaturahmi dan sharing terkait kemahasiswaan dan program Doktoral.

    Para rombongan dari STIE Putra Bangsa dan STIE IPWIJA ditunjukkan beberapa fasilitas dan bagian-bagian yang mendukung kegiatan entrepreneur di STMIK AMIKOM Yogyakarta. Bagian-bagian tersebut adalah Badan Usaha Milik AMIKOM (BUMA) yang di dalamnya terdapat mahasiswa yang sedang menerapkan pendidikan entrepreneur. Beberapa lokasi kunjungan seperti radio MQ FM, Dep. Innovation Center, Studio MSV dan Studio Kartun. Ditunjukkan pula lokasi hotspot mahasiswa yang dapat digunakan mahasiswa untuk kegiatan bisnis di internet.

          Salah satu mata kuliah yang diajar Prof. Yanto yaitu e-business mengharuskan para mahasiswa mendapatkan uang dari bisnis internet jika ingin lulus dan mendapatkan nilai pada mata kuliah tersebut. Selain itu STMIK AMIKOM Yogyakarta juga memiliki bagian Entrepreneur Campus yang merupakan wadah pembinaan mahasiswa yang ingin berwira usaha.

 Hilman Latief, PhD selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Alumni dan AIK (Al-Islam dan Kemuhammadiyahan) UMY mengungkapkan bahwa saat ini UMY terus mendukung secara maksimal aktifitas kemahasiswaan. “Sejauh ini kami terus konsisten memberikan pembinaan baik secara moril maupun materil terhadap mahasiswa yang aktif dalam kegiatan keorganisasian maupun kompetisi-kompetisi dalam skala nasional maupun internasional. Contoh seperti organisasi mahasiswa yang berada di bawah naungan Muhammadiyah yaitu Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) yang memiliki peran khusus dalam mewarnai nilai-nilai keislaman yang ada di Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM). Secara teknis memang di kampus kami peran IMM tetap sesuai spirit Muhammadiyah yang berorientasi untuk berlomba-lomba pada kebaikan. Akan tetapi Hal ini tetap harus berada pada pengawasan dan pengontrolan dari masing-masing pembina,” papar Hilman.

Dari pihak STIE Putra Bangsa mengungkapkan bahwa sharing perihal kemahasiswan dan Program Doktoral yang dilakukan dengan UMY dan AMIKOM  ini sangat bermanfaat dan menambah wawasan baru. Ia berharap setelah studi banding ini dapat mengaplikasikan apa yang telah dipelajari dari kedua kampus di Yogyakarta ini.