Kebumen_Diawali dengan menyanyikan lagu “Indonesia Raya”, Siswa SMK Batik Sakti 2 Kebumen di Aula Ronggowarsito STIE Putra Bangsa Jalan Ronggowarsito no 18 Pejagoan Kebumen mengikuti Pelatihan e-SPT dan e-Filing yang diselengarakan oleh Tax center STIE Putra Bangsa bekerja sama dengan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kebumen. Acara pelatihan tersebut dilaksanakan pada 11 Februari 2019.

Dalam sambutan pembukaan, Kepala Tax center Ibu Prihartini Budi Astuti, S.E., M.Si menyampaikan perlunya pelatihan E-SPT dan E-Filling sejak masih di bangku sekolah menengah. Mengingat sekarang ini pelaporan keuangan yang sudah terdigitalisasi sehingga diperlukan keterampilan untuk mensukseskan program pemerintah. Pelatihan ini diselenggarakan sebagai bentuk pengabdian masyarakat kampus STIE Putra Bangsa Kebumen.

Acara pelatihan ini terbagi atas beberapa materi antara lain Sekilas Profil e-Filing dan Tata Cara pengisian SPT Tahunan Pribadi melalui e-Filing. Materi tentang Sekilas Profil e-Filing yang disampaikan oleh Sianturi, Penyuluh Pajak KPP Medan Polonia. Sianturi menjelaskan e-Filing merupakan sarana penyampaian SPT Tahunan Pribadi secara online melalui website www.pajak.go.id. Tujuan pengisian SPT Tahunan Pribadi melalui e-Filing tersebut mengurangi penggunaan kertas dan mendukung program pemerintah dalam pelaksanaan penghijauan lingkungan atau go green.

Materi tentang Tata Cara Pengisian SPT Tahunan Pribadi melalui e-Filing yang disampaikan oleh KPP Pratama Kebumen, Penyuluh Pajak KPP Pratama Kebumen. KPP Pratama Kebumen menjelaskan bahwa ada tiga langkah mudah mengisi SPT Tahunan Pribadi melalui e-Filing yaitu: Mengajukan permohonan electronic Filing Identification Number atau e-FIN (diperoleh di KPP terdekat), Mendaftarkan diri atau registrasi melalui https://efiling.pajak.go.id dan Input SPT Tahunan. Di akhir acara, KPP Pratama Kebumen berharap agar peserta sosialisasi dapat menyukseskan program e-Filing.