Hasil Tes Wawancara Relawan Pajak STIE Putra Bangsa

Kegiatan pengabdian masyarakat Konsultasi Pengisian SPT Tahunan Orang Pribadi yang dilakukan oleh Program Studi Akuntansi STIE Putra Bangsa baru pertama kali ini dilakukan. Sebagian mahasiswa memiliki inisiasi untuk mengaplikasikan ilmu dalam bentuk terjun langung ke masyarakat sebagai bagian dari bentuk kepedulian terhadap lingkungan masyarakat sekitar melalui edukasi pajak. Para mahasiswa ini kita sebut saja “RELAWAN PAJAK atau Tax Volunteer”.

Sebagai salah satu wujud implementasi tri dharma perguruan tinggi di bidang pengabdian masyarakat, sejumlah mahasiswa STIE Putra Bangsa terjun langsung dalam kegiatan Relawan Pajak. Mahasiswa yang menjadi Relawan Pajak mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang mereka dapat selama pendidikan untuk melakukan edukasi pajak terhadap masyarakat. Implementasi ini salah satunya dilakukan dalam bentuk pendampingan (asistensi) pengisian SPT tahunan.

Sebanyak 20 mahasiswa Prodi Akuntansi telah melalui proses seleksi untuk berpartisipasi sebagai relawan dalam kegiatan ini. Hanya 1 team kali ini yang dipilih beranggotakan 4 Mahasiswa dengan tugas masing-masing.

Selain bermanfaat menambah informasi mengenai pajak dan proses pengisian SPT tahunan bagi masyarakat, kegiatan Relawan Pajak juga berfungsi mengembangkan kemampuan serta membentuk mental mahasiswa sehingga kapabel dan cakap dalam pelayanan perpajakan. Lebih jauh lagi, Relawan Pajak diharapkan juga mampu membantu mengatasi kekurangan sumber daya manusia dalam pembinaan masyarakat.