Kebumen, 23 Januari 2018, Kerjasama STIE Putra Bangsa dengan SMK Batik Sakti 2 Kebumen mengadakan “Pelatihan Pembutaan Website sebagai media informasi dan bisnis”. Peserta pelatihan ini adalah siswi SMK Batik Sakti 2 Kebumen denagn di ikuti 30 siswi. Pelatihan ini dibagi menjadi 2 sesi, sesi pertama yaitu pemberian materi di Lab bahasa dan sesi ke 2 yaitu praktik pembuatan Website di Lab Komputer STIE Putra Bangsa. Acara ini di pandu oleh Bapak. Miftahul Huda, S.Pd., M.kom. Terselenggaranya pelatihan ini selain sebagai bentuk pengabdian yang dilakukan oleh dosen juga sebagai dukungan terhadap percepatan program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam menghantar terwujudnya generasi emas Indonesia pada  tahun 2045. Program ini merupakan salah satu upaya pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) secara posistif.

Pelatihan berlangsung pada pukul 09.30  WIB di ruang lab bahasa STIE putra bangsa, dan berakhir pukul 11.00  WIB, dilanjutkan praktik pembuatan Website sampai berakhir pukul 14.00 WIB.  Dalam pelatihan ini peserta sangat antusias untuk belajar dan berlatih membuat WEB dengan ide-ide dan konsep bisnis mereka sendiri, seperti Hijab, Fashion, Sepatu dan lain sebagainya.

Harapannya setelah pelatihan ini peserta bisa mengaplikasikan Website sebagia media informasi dan bisnis mereka, serta mengetahui betapa pentingnya teknologi informasi dan internet dalam kehidupan sehari-hari maupun dunia bisnis.

Dengan perkembangan teknologi yang begitu cepat, kini informasi dapat ditemukan dengan hanya sekali klik. Internet atau Interconnection networking adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket yang melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Internet kini sudah digunakan oleh banyak orang dari berbagai usia sebagai media informasi.

Website adalah suatu halaman web yang dapat diakses melalui Internet. Dalam sebuah web biasanya akan tersedia sebuah informasi yang disediakan secara perorangan, kelompok, ataupun organisasi. Menurut Global Web Index, 62% pelanggan mengunjungi website hanya untuk mencari informasi mengenai merek maupun produk. Jadi, sebagai seorang pengusaha, ada baiknya Anda mulai mempertimbangkan untuk membuat website sebagai media branding maupun promosi bisnis. Bukan hanya itu, website juga memiliki manfaat lain untuk mengembangkan bisnis Anda, seperti.

Branding

Branding merupakan salah satu hal penting yang tidak boleh dilewatkan dalam membangun sebuah bisnis. Dengan memiliki website, Anda dapat secara langsung menyajikan informasi yang membantu Anda dalam memperkenalkan merek atau produk yang dipasarkan atau dijual. Bukan hanya itu, dengan website, pelanggan juga dapat lebih percaya dengan bisnis yang sedang Anda jalankan, dan tentunya Anda dapat melakukan komunikasi dua arah melalui website.

Media Promosi

Website bukanlah sebuah toko yang bisa tutup dan buka, semua orang dapat mengaksesnya di mana pun dan kapan pun. Website adalah media promosi yang paling murah, efektif, dan efisien. Dengan website, Anda dapat memberikan informasi mengenai produk, potongan harga, dan lain sebagainya. Dengan begitu, pelanggan Anda dapat menerima informasi dengan cepat dan tepat.

Pengenalan Produk atau Merek

Dengan mengunjungi website, pelanggan dapat dengan mudah mengetahui segala hal tentang produk dan merek yang Anda pasarkan. Dengan mengetahui berbagai informasi tersebut, pelanggan dapat segera mengambil keputusan untuk melakukan pembelian jika tertarik, atau mencari produk lain yang mereka butuhkan melalui website. Bukan hanya informasi produk, Anda juga dapat menambahkan sedikit informasi tentang perusahaan. Dengan begini, Anda tak perlu repot lagi menjawab pertanyaan pelanggan satu per satu, karena dengan website, semua informasi yang dibutuhkan pelanggan telah tersedia di dalamnya.

Meningkatkan Penjualan

Seperti yang telah Anda ketahui, website dapat membantu calon pelanggan atau pelanggan Anda mendapatkan informasi mengenai produk yang Anda jual. Ketika pelanggan tertarik, mereka akan melakukan transaksi penjualan di dalam website. Dengan begitu, penghasilan bisnis Anda akan ikut meningkat. Jadi, cobalah mulai membuat website dengan fitur penjualan online di dalamnya.

Itulah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan memiliki website. Jadi, cobalah mulai memikirkan untuk membuat website untuk bisnis Anda. Jika Anda tidak terlalu memahami bagaimana cara membuatnya, Anda dapat meminta bantuan orang yang lebih memahaminya.