Kebumen, 29 Novenber 2018. Dalam rangka memperingati HIV/AIDS pada tanggal 1 Desember 2018. Di Aula Ronggowarsito STIE Putra Bangsa di adakan Penyuluhan HIV/AIDS. Yang di adakan oleh Dinas Kesehatan Penyakit Paru yang berkerja sama dengan Unit Kegiatan Mahasiswa Pusat Informasi dan Konseling Mahasiswa (PIK-Ma).

Penyuluhan ini di buka dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia “Indonesia Raya”. Penyuluhan di isi oleh Dr. Nugroho Arief Budiono. Dr. Nugroho menjelaskan terkait proses penularan virus HIV/AIDS. Dan juga cara pemandian jenazah yang mengidap penyakit HIV/AIDS. Dr. Nugroho mengatakan bahawa awal mulanya penyakit HIV/AIDS dari kera / sinpanse.

HIV/AIDS merupakan penyakit menular yang mematikan. Virus ini menyerang sistem kekebalan tubuh manusia yang membuat manusia yang terkena virus ini mudah terserang penyakit mematikan. Virus menyebar pada cairan tubuh manusia, dan hanya ada tiga cairan tubuh yang rawab membawa virus ini yaitu : Darah, Cairan Kelamin dan ASI.

Indonesia merupakan negara dengan ranking 3 pengidap penyakit HIV/AIDS terbanyak di dunia, Kebumen merupakan daerah no 1 pengidapan penyakit HIV/AIDS terbanyak se Jawa Tengah. Dengan jumlah penderita hampir mencapai 1000 jiwa. Penyuluhan di adakan sebagai sarana pengetahuan mahasiswa terkait penyakit HIV/AIDS. Agar mahasiswa tidak salah presepsi terkait penyakit HIV/AIDS.