Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Putra Bangsa bersama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kebumen pada hari Rabu, 17 Oktober 2018 menandatangani nota kesepemahaman (Memorandum of Understanding/MoU) terkait dengan Pelaksanaan Kegiatan Pendidikan, Penelitian dan Perstatistikaan. Acara ini berlangsung di kantor BPS Kabupaten Kebumen yang berada di Jalan Arungbinang No.17 A Kebumen.

Nota Kesepemahaman tersebut ditandatangani langsung oleh Gunarso Wiwoho, S.E., M.M., selaku Ketua STIE Putra Bangsa dan Sri Handayani, S.E., M.M., selaku Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Kebumen. Penandatanganan nota kesepemahaman ini dimaksudkan sebagai perwujudan rencana kerjasama dan merupakan langkah awal bagi kedua belah pihak dalam menjalin hubungan yang saling menguntungkan kedepannya.

STIE Putra Bangsa Kebumen sebagai pihak pertama  merupakan sebuah lembaga pendidikan yang berkewajiban untuk mengelola dan mengembangkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat bagi para dosen maupun mahasiswa di lingkungan STIE Putra Bangsa Kebumen. BPS sebagai pihak kedua merupakan lembaga pemerintah nonkementerian yang bertanggung jawab secara langsung kepada presiden dan memiliki tugas pemerintahan di bidang statistik berdasarkan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik. Kerjasama baik dari pihak pertama maupun pihak kedua berupa penyediaan, pertukaran, serta pemanfaatan data dan informasi, peningkatan kompetensi sumber daya manusia, sosialisasi dan edukasi sesuai tugas dan fungsi para pihak,  penelitian dan pengembangan baik dalam bidang statistika, manajemen, maupun akuntansi. Kerjasama ini bertujuan untuk meningkatkan serta memupuk hubungan kelembagaan, kemitraan serta saling membantu antar pihak dalam melaksanakan kegiatan pendidikan, penelitian dan perstatistikan yang menunjang tugas pokok dan fungsi kedua pihak.

Pada hari yang sama juga, STIE Putra Bangsa kembali melakukan kerjasama dengan Institut Teknologi Telkom Purwokerto di Aula Ronggowarsito STIE Putra Bangsa. Penandatanganan dilakukan oleh Dr. Ali Rokhman M.Si, selaku Rektor IT Telkom Purwokerto sebagai pihak pertama dan  Gunarso Wiwoho, S.E., M.M., selaku Ketua STIE Putra Bangsa. Adapun bentuk kerjasama yaitu berkaitan dengan kerja sama dalam bidang pengembangan sumber daya manusia, pendidikan, pelatihan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Lima hal yang menjadi kesepakatan antara pihak STIE Putra Bangsa dengan IT Telkom Purwokerto yakni peningkatan kerja sama dan studi banding dalam pengelolaan perguruan tinggi, peningkatan kerja sama dalam bidang penelitian bagi dosen dan mahasiswa, peningkatan kerja sama dalam bidang pengabdian kepada masyarakat yang relevan bagi perguruan tinggi, peningkatan kerja sama dalam akses fasilitas perpustakaan antar perguruan tinggi, kerja sama lainnya yang berkaitan dengan pelaksanaan tugas masing-masing pihak yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak untuk penguatan institusi perguruan tinggi.

Kerjasama ini bertujuan untuk meningkatkan serta memupuk hubungan dalam rangka pengembangan sumber daya manusia, pendidikan, pelatihan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta kegiatan lain yang bermanfaat bagi kedua belah pihak.