Kabar gembira datang dari mahasiswa STIE Putra Bangsa Kebumen. Tepatnya tanggal 13 Agustus 2018 mahasiswa STIE Putra Bangsa berhasil meraih juara 1 Lomba Business Plan dalam rangka Jateng SMESCO EXPO 2018 memperingati hari UMKM Nasional. Acara tersebut diadakan oleh Dinas Koprasi Usaha Kecil dan Menegah Provinsi Jawa Tengah. Technical Metting dilaksanakan di kantor pusat Dinas Koprasi Jawa Tengah yaitu di Kota Semarang.

Peserta yang mengikuti lomba ini kurang lebih 400-500 peserta yang mengajukan proposal dari seluruh wilayah Jawa Tengah. Peserta yang masuk 5 besar diumumkan via e-mail dan telepon. Dalam lomba ini peserta yang masuk 5 besar wajib datang langsung ke Kantor Dinas Koprasi Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Tengah. Sementara untuk lomba diberlangsung selama 4 hari dari tanggal 10 – 13 di Atrium Java Mall. Para peserta lomba harus melakukan pemaparan dari produk yang dilombakan.

Mahasiswa yang berhasil meraih juara 1 business plan dengan produknya Deodoran Organik Lady Java adalah Ufakhun Janifah, Rizqi Fandhani, Fahriyani dan Ira Kuntri yang sedang menempuh semester 6 di kampus berslogan unggul, kompetitif, dan berkhak mulia. Sedangkan juara 2 diraih dari Kabupaten Sukoharjo dengan produk Grobag Mandiri dan Juara 3 diraih dari Kota Semarang dengan produk Warscity Balekna

Deodoran Organik Lady Java senidiri dibuat dari buah mentimun. Tidak seperti deodoran pada umumnya yang mengandung bahan kimia, buah mentimun justru banyak mengandung zat yang dibutuhkan oleh tubuh seperti protein, lemak, kalsium, fosfor, belerang, zat besi, magnesium, amtoiksidan, vitamin A, Vitamin B1, dan Vitamin C.  Terdapat 3 varian Lady Java yaitu R.A. Dewi Sartika, R.A. Siti Hartinah dan R.A. Kartini.

Dalam Jateng SMESCO EXPO 2018 tidak hanya lomba Bisnis Plan saja disana juga ada lomba Fashion Show tingkat jateng, lomba jingel UMKM dan juga Bazar produk yang berasal dari perwakilan UMKM kabupaten yang ada di provinsi Jawa Tengah. Acara ini bertujuan untuk mensuport UMKM di Jawa Tengah agar lebih maju dan merambah kepasaran yang lebih luas lagi. Jateng SMESCO EXPO 2018 dibuka oleh Kepala Dinas Koprasi Usaha Kecil dan Menegah Provinsi Jawa Tengah dan dihadiri banyak tamu undangan. Acara dimeriahkan oleh bintang tamu yang ada di semarang.

“ Niat yang tulus, usaha dan doa tidak akan mengingkari apa yang kamu dapatkan dan itu benar adanya seperti yang saya rasakan. Dan untuk usaha saya kedepannya semoga lebih maju dan dapat berkembang, serta dapat membantu membuka usaha dan membantu perekonomian terutama para petani ketimun. Jangan pernah takut untuk bermimpi” kata Ufakhun Janifah selaku ketua kelompok.