English Debating Championship (EDC) merupakan salah satu ajang lomba debat bahasa inggris untuk mengasah skill berbahasa Inggris dan pola pikir peserta di era globalisasi.  EDC yang diselenggarakan dalam rangka Dies Natalis 17 STIE Putra Bangsa ini  berlangsung pada Rabu,  02 Mei 2018 di Aula Ronggowarsito STIE Putra Bangsa Kebumen. Sebanyak 12 Tim siap beradu untuk meraih juara dan membawa pulang piala bergilir.

Dalam sambutannya Ketua STIE Putra Bangsa yang pada kesempatan ini diwakilkan oleh Bapak Hendrawan Prasetyo sebagai Kepala Pusat Jaminan Mutu, beliau menyampaikan bahwa di era globalisasi ini berbahasa inggris bukan lagi sebagai tuntutan melainkan sebagai kewajiban untuk dilakukan apalagi dengan adanya MEA (Masyarakan Ekonomi Asean) dan bukan lagi menjadi momok yang perlu di takutkan oleh setiap orang. Hadir pada acara ini yaitu wakil ketua III Bidang Kemahasiswaan,  dosen dan karyawan, peserta dan guru pendamping.

English Debating Championship ini merupakan lomba debat untuk ke 4 kalinya yang di selenggarakan oleh STIE Putra Bangsa Kebumen. Partisipan dari lomba ini adalah siswa SMA/SMK/MA di Kabupaten Kebumen. Kali ini tema yang diusung adalah Youth Participation to Develop Local Culture in Globalised Era,  yang artinya Peran Kaum Muda untuk Pembangunan Kebudayaan Lokal dalam Era Globalisasi. Dari 12 tim yang terdiri dari 7 SLTA di Kebumen yang ikut berpartisipasi diantaranya SMKN 1 Gombong,  SMAN 1 Kebumen,  SMAN 1 Prembun,  SMAN 2 Kebumen,  SMKN 1  Alian,  SMAN 1 Karanganyar dan SMAN 1  Ayah.

Sebanyak 6 juri handal siap menilai kemampuan para partisipan di ajang lomba ini.  Untuk juri ini didatangkan dari Universitas Negeri Semarang (UNNES) yakni Dwiky Juniarta,  Kisti Nurhayati, Ega Andika,  Aulia Rahma Putri,  Ulya Layyina dan Doni Saputra. Dari perlombaan ini diambil juara 1,2,3 dan  best speaker. Perlombaan semakin menegangkan ketika babak final perebutan juara 1,  2 dan 3. Perebutan juara 1 dan 2 mempertemukan antara tim A dan Tim B dari SMAN 1 Kebumen. Perebutan juara 3 mempertemukan antara tim dari SMKN 1 Gombong dan SMAN 2 Kebumen. Tim A dari SMAN 1  Kebumen akhirnya keluar sebagai The Winner, dan tim B menjadi runner up 1 (juara 2) dalam lomba English Debating Championship IV,  disusul oleh SMAN 2  Kebumen sebagai runner up 2 (juara 3). Dan best speaker diraih Annisa Noza Salsabila dari SMAN 1 Kebumen

Salah satu tujuan diselenggarakannya ajang debat ini adalah untuk menghadapi MEA,  apalagi sekarang banyak Tenaga Kerja Asing masuk ke Indonesia,  dengan demikian persaingan semakin ketat dan masyarakat Indonesia dituntut bahkan diwajibkan untuk bisa berbahasa Inggris. Refky selaku penanggung jawab kegiatan berharap untuk English Debating terus berlanjut hingga English Debating Championship V, dan menjadi ajang belajar dan melatih kemampuan berbahasa Inggris dan melatih kemampuan berbicara di depan umum.