Sebanyak 52 dosen mengikuti pelatihan Program Pengembangan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) di STIE Putra Bangsa Kebumen. Pelatihan PEKERTI ini terselenggara atas kerjasama STIE Putra Bangsa dengan Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah. Adapun 52 dosen yang mengikuti pelatihan ini berasal dari beberapa perguruan tinggi, yang terdiri dari 24 dosen STIE Putra Bangsa , dan 28 dosen dari 13 Perguruan Tinggi Swasta di Jawa Tengah.

Ketua STIE Putra Bangsa Gunarso Wiwoho, SE.,MM saat membuka kegiatan menyampaikan, dosen adalah pendidik profesional yang memiliki tugas utama mentransformasikan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Selain Ketua STIE Putra Bangsa, pembukaan acara ini juga dihadiri oleh Sunardi, S.Si,M.Si dari Kopertis Wilayah 6 Semarang, Dr. Peni Pujiastuti, M.Si salah satu Pemateri dan Ketua Yayasan Pendidikan Putra Bangsa Dr.H. Slamet Ahmadi serta Dr.KH. Abdul Wahid Maktub, Staf Khusus Menristekdikti yang juga mengisi Seminar dengan Tema  “Strategi Pengelolaan PTS di Era Digital Disruption”

“Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan keprofesional dosen dalam menjalankan tugas, peran, dan kedudukannya,” ujar Prihartini selaku ketua Panitia Pelatihan ini. Nantinya diharapkan dosen mampu merancang program pembelajaran diantaranya Silabus, RPP dan RPS, menguasai dasar-dasar komunikasi dan ketrampilan dasar mengajar, melaksanakan pembelajaran berdasarkan paradigma baru pembelajaran di perguruan tinggi, mampu merancang, menyusun dan mengembangkan bahan ajar serta melaksanakan evaluasi hasil belajar dengan baik.

Pelatihan PEKERTI ini akan dilaksanakan selama 5 hari, dari tanggal 05-09 Maret 2018 dan berlangsung dari pukul. 07.30 sampai dengan 18.00, dengan materi sebagai berikut yaitu Pendidikan sebagai system, Strategi peningkatan kualitas Pendidikan Tinggi, Paradigma Baru Pembelajaran dan implikasinya dalam pengembangan kurikulum, pembelajaran, dan evaluasi, Model Quality Assurance dalam pembelajaran, Pembelajaran Orang Dewasa, Paradigma Konstruktivisme dalam pembelajaran, Pengembangan Kurikulum, Teori Belajar dan Motivasi, Taksonomi Tujuan Pembelajaran dan Analisis Kompetensi, Model-model pembelajaran. Metode-metode pembelajaran,  Media pembelajaran, Pembelajaran berbasis ICT, Penyusunan Bahan Ajar, Penilaian hasil belajar dll.