Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Putra Bangsa Kebumen sukses selenggarakan Pelatihan Perencanaan Anggaran (PPA). Acara yang di gelar di Aula STIE Putra Bangsa pada 08 Desember 2017 mendapat respon yang antusias, hal ini bisa dilihat dari jumlah peserta yang melebihi target panitia dan diluar expetasi panitia. Acara ini dihadiri oleh Pembantu Ketua III Bidang Kemahasiswaan yakni Sigit Wibawanto yang sekaligus secara resmi membuka acara PPA, Junaedi dan Tuti Zakiyah yang pada kesempatan ini menjadi pembicara, seluruh civitas akademika STIE Putra Bangsa Kebumen, dan peserta PPA.

Mewujudkan kualitas perencanaan anggaran yang transparan dan akuntabel dalam sebuah organisasi perusahaan, merupakan tema yang diangkat dalam Pelatihan Perencanaan Anggaran dengan harapan peserta khususnya mahasiswa mampu meningkatkan kemampuan perencanaan yang baik, sesuai dengan kapasitasnya sebagai aktor di dunia kerja dan dunia usaha. Tujuan diselenggarakan acara PPA yakni meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam hal perencanaan anggaran untuk sebuah organisasi perusahaan. Serta memberikan gambaran umum menenai contoh anggran yang baik, sehinggaa terciptanya anggaran yang transparan dan akuntabel. Seperti yang diketahuai bahwa perencanaa anggaran sangatlah penting bagi sebuah organisasi perusahaan, karena anggaran merupakan salah satu alat vital di sebuah perusahaan. Anggaran itu sendiri merupakan rencana keuangan periodik yang disusun berdasarkan program yang telah disahkan, tujuannya untuk mengelola perusahaan yang nantinya dapat mengawasi kegiatan-kegiatan dan pengeluaran-pengeluaran.

Pada pelatihan perencanaan anggaran, panitia mengundang Junaedi dan Tuty Zakiyah sebagai pembicara. Gaya penyampaian Junaedi memberikan kesan tersendiri bagi peserta dan berbeda dengan orang-orang yang biasanya mengisi sebuah acara. Intonasi dam penekanan dan kalimat yang disampaikan menambah kejelasan materi, dan disisi lain yang membuat berbeda yakni penyampaian yang menggunakan papan tulis layaknya sebuah guru yang menyampaikan kepada muridnya.

Acara PPA semakin menarik dengan adanya pertanyaan-pertanyaan kritis terkait perencanaan anggaran dari peserta. Pemberian kenang-kenangan menjadi akhir dari acara Pelatihan Perencanaan Anggaran.