Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kewirausahaan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Putra Bangsa Kebumen merupakan UKM yang bergerak dibidang wirausahaa. Pada kesempatan ini, UKM Kewirausahaan ikut berpartisipasi dalam acara Kampus EXPO Kewirausahaan yang diselenggarakan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan ( STIKES ) Muhamadiyah Gombong Kegiatan ini dilaksanakana pada 16 November 2017 sampai dengan 18 November 2017.

Acara ini diikuti oleh banyak peserta yaitu 37 peserta yang terdiri dari 27 peserta yang berasal dari mahasiswa STIKES Muhamadiyah Gombong dan 10 peserta lainnya berasal dari kalangan umum, dan salah satunya adalah UKM Kewirausahaan STIE Putra Bangsa.

UKM Kewirausahaan mengangkat konsep stand “Tradisional” karena produk yang disajikan berbahan  tradisional seperti pangsit judes,beberapa macam jajanan pasar yang sangat mengenyangkan,dan ada satu lagi produk unggulan yang tak kalah menariknya yaitu “Es Shiren” dengan berbagai varian rasa dimana toppingnya berasal dari kulit singkong yang telah diolah menjadi pudding. Konsep tradisional dengan nuansa yang menggambarkan sawah ini menjadikan UKM Kewirausahaan menduduki juara ke 2 stand terbaik dalam Expo Kewirausahaan.

Produk Es Shiren ini merupakan produk yang berhasil di danai pemerintah dalam Program Kreatifitas Masyarakat dan produk ini menjadi produk unggulan. Inovasi dari olahan kulit singkong ini dijadikan sebagai olahan makanan yang memiliki nilai cita rasa tinggi.

Produk olahan ini sebenarnya terinspirasi dari limbah kulit singkong yang dibuang begitu saja karena masyarakat belum bisa mengolah limbah kulit singkong tersebut menjadi sebuah barang yang berguna sehingga mahasiswa STIE Putra Bangsa berinisiatif untuk membuat terobosan baru menggunakan limbah kulit singkong yang kemudian dikenal dengan sebutan es shiren ini. Faktanya produk olahan minuman yang biasanya menggunakan cincau , mereka berinovasi dengan mengganti bahan cincau menjadi kulit singkong.

Adanya kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan jiwa kewirausahaan mahasiswa khususnya mahasiswa UKM Kewirausahaan STIE Putra Bangsa Kebumen dan mengembangkan potensi mahasiswa tentang kewirausahan serta mengajak mahasiswa untuk terjun langsung dalam kegiatan kewirausahaan atau enterpreuner.(jurnalistik_stieputrabangsa)