High school english Speech Contest merupakan ajang kompetisi berpidato di tingkat SMA/SMK sederajat di Kabupaten Kebumen dan merupakan salah satu program kerja Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) English Club (EC). Acara yang diselenggarakan oleh UKM EC bertemakan “Elevating Nationalism Through Historical Value”. Acara ini berlangsung di Aula STIE Putra Bangsa Kebumen pada 18 November 2017.

Acara speech contest dihadiri oleh jajaran wakil ketua STIE Putra Bangsa, civitas akademika, juri high school english speech contest 2017, tamu undangan, peserta dan guru pendamping lomba speech contest. Sigit Wibawanto selaku pembantu ketua III  bid. Kemahasiswaan yang diwakili oleh Ika Neni Kristanti selaku pembantu ketua I bid. Akademik berharap acara ini dapat menjadi ajang meningkatkan kepercayaan diri, meningkatkan kemampuan berfikir kritis, serta  meningkatkan kemampuan menyampaikan pendapat. Acara ini resmi di buka oleh Ika Neni Kristanti. Wahyu selaku mentri UKM EC berharap peserta yang telah berpartisipasi dalam acara ini dapat kembali berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Acara speech contest ini diikuti oleh 14 sekolah dengan 25 peserta, dari 25 peserta diambil 5 yang terbaik.

Salah satu tujuan diselnggarakannya acara speech contest adalah melatih mental dalam belajar menggunakan bahasa inggris. Penampilan peserta dengan cara penyampaian yang beragam menjadikan acara ini semakin menarik. Sebelum perlombaan ini dimulai, seluruh peserta di suguhkan tari Sekar Rinonce yang di tampilkan oleh UKM Teater.

Elevating Nationalism Through Historical Value, tema yang diangkat bermaksud agar para generasi muda dapat menumbuhkan kembali jiwa nasionalisme melalui nilai sejarah, seperti contohnyaa Hari Pahlawan. Karena pada era globalisasi ini banyak sekali generasi-generasi muda Indonesia yang semangat nasionalisme nya mulai luntur.

Acara speech contest mulai menegangkan disaat pengumuman 5 peserta terbaik dan Misel Afit Permadi dari SMK N 1 Gombong menjadi the winnerHigh School English Speech Contest 2017. Terbaik dua yakni Siti Muslikhah dari MAN Kutowinangun, terbaik tiga yakni Fajar Ariyani dari SMA N 1 Prembun, terbaik empat yakni Khoerunnisa Khumaeroh dari SMA N 1 Karanganyar, dan Arum Wijayanti dari SMK N 1 Ambal menjadi terbaik ke 5.