Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Putra Bangsa Kebumen menggelar Wisuda XIII pada jenjang sarjana dan ahli madya tahun akademik 2016/2017, kemarin. Wisuda di Gedung Pertemuan Setda Kebumen itu diikuti 218 wisudawan/wisudawati, terdiri atas 51 lulusan program D3 Akuntansi, 167 program S-1 Manajemen.

Wisuda yang dipimpin oleh Ketua STIE Putra Bangsa Gunarso Wiwoho, S.E., M.M itu dihadiri oleh Asisten I Sekda Sabar Irianto, Kepala Bagian Akademik dan Kemahasiswaan Kopertis Sumarno dan orang tua wisudawan/wisudawati. Adapun lulusan terbaik masing-masing diraih Arli Indah Purnamasari dari S1 Manajemen dengan IPK 3,97 dan Ika Puji Lestari dari D3 Akuntansi dengan IPK 3,96.

Ketua STIE Putra Bangsa Gunarso Wiwoho, S.E., M.M menyampaikan, STIE Putra Bangsa telah menerapkan kurikulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), sesuai dengan ketetapan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 73 tahun 2013 tentang penerapan KKNI bidang pendidikan tinggi.

Dengan kurikulum tersebut STIE Putra Bangsa diharapkan mampu melahirkan lulusan yang mumpuni dan mampu memenangkan persaingan didunia kerja.

“Dalam KKNI mahasiswa tidak hanya mendapatkan ilmu secara formal dalam kurikulum perkuliahan, namun juga mendapatkan skill tambahan yaitu softskill,” ujar Gunarso Wiwoho dalam sambutannya.

Gunarso menyampaikan bahwa saat ini kampus yang dipimpinnya telah memiliki galeri investasi hasil kerjasama dengan Bursa Efek Indonesia dan Phintraco Sekuritas. Galeri ini bertujuan memberikan edukasi pasar modal di kalangan mahasiswa dan masyarakat Kebumen pada umumnya.

Investasi pasar modal ini mengandung nilai-nilai enterpreuneur yang sejalan dengan ciri khas mahasiswa, sehingga dapat menumbuhkan nilai-nilai enterpreuneur sejak di bangku kuliah.

Lebih lanjut, disampaikan bahwa peningkatan kualitas sumber daya insani sebagai sumber daya terpenting terus diupayakan melalui berbagai pelatihan, pengembangan dan studi lanjut.

Saat ini tercatat delapan orang dosen tengah menempuh pendidikan pada program doktoral dan dua orang telah lulus. Selain itu dosen tetap STIE Putra Bangsa semua telah berkualifikasi pendidikan magister. “Semua itu diharapkan mampu menjadi faktor pendukung yang berpengaruh baik terhadap mutu lulusan sehingga mampu bersaing, baik di tingkat regional maupun nasional,” katanya.