Skip to main content

ENGLISH DEBATING CHAMPIONSHIP 2016

Minggu, 21 Februari 2016 – Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Putra Bangsa Kebumen menyelenggarakan lomba debat bahasa inggris tingkat kabupaten untuk sekolah menengah atas dan sekolah menengah kejuruan. Acara ini diselenggarakan untuk yang kedua kalinya oleh Unit Kegiatan Mahasiswa English Club STIE Putra Bangsa yang bertemakan “Building youth’s global and critical thinking for better generation”.

Debat bahasa inggris tahun ini diikuti oleh 14 tim dari berbagai sekolah menengah atas maupun sekolah menengah kejuruan di Kabupaten Kebumen. Satu tim terdiri dari 3 (tiga) siswa yang kemudian akan ditentukan oleh juri mengenai posisi yang mereka duduki (affirmative team dan opposition team). Perlombaan debat yang diselenggarakan panitia menggunakan Australian Parliamentary System (APS).

Mosi yang diperdepatkan merupakan permasalahan yang sedang marak diperbincangkan dalam masyarakat untuk menguji kritis maupun tidaknya siswa dalam menanggapi permasalahan yang terjadi. Isu/mosi yang diangkat seperti THW support a 5 days school week, THW ban the freedom of having opinion on social media, THBT nationalism is an effort to eliminate terrorism, THBT direct subsidy is a good for poverty eradication, THW support Indonesia to stop sending Indonesian labors to overseas, THBT foreign language is more important than Indonesia language toward MEA.

Dalam lomba debat bahasa inggris tahun ini terdiri dari 13 (tiga belas) juri yang profesional dalam bahasa inggris dari berbagai instansi. UKM English Club yang dibimbing oleh Ms. Betti Widianingsih, S. S., M. Hum. itu telah menyelenggarakan lomba yang sama di tahun 2014. Juara 1 diraih oleh SMK Negeri 1 Puring, juara 2 diraih oleh SMK Negeri 1 Gombong, juara 3 diraih oleh SMK Negeri 1 Kebumen, juara 4 diraih oleh SMA Negeri 1 Ayah dan best speaker diraih oleh Yusuf Yuliyanto dari SMK Negeri 1 Gombong.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*